Tips Merawat Cartridge Printer

Cartridge merupakan salah satu bagian dalam printer yang mana menjadi tempat untuk menampung tinta. Fungsi dari cartridge sendiri memang sangat penting sehingga perlu dijaga dan juga dirawat dengan baik agar nantinya lebih awet. Jika cartridge tersebut awet tentu saja akan mengurangi budget untuk pengeluaran pembelian cartridge baru dengan demikian akan lebih hemat. Pada dasarnya untuk merawat cartridge sendiri cukup sederhana dan juga mudah, yang terpenting adalah ketelitian. Dan berikut ini adalah beberapa tips merawat cartridge dari segala jenis printer yang bisa Anda perhatikan :

 

Segera Isi Tinta Jika Habis

Untuk tips merawat cartridge yang pertama adalah jika tinta yang ada pada cartridge sudah habis, maka segeralah diisi. Tinta sendiri merupakan sebuah pelumas yang digunakan untuk head printer, contohnya saja jika tinta warna tetap digunakan meskipun yang nantinya akan dicetak warna hitam, dan begitupun sebaliknya. Jika memang Anda mencetak dengan tidak adanya tinta warna, maka nantinya Anda akan merusak head printer itu sendiri karena memang tidak terdapat pelumas/ tinta pada saat gesekan mencetak tersebut terjadi. Oleh karena itulah alasan mengapa beberapa jenis printer tidak dapat mencetak jika tidak terdapat tinta warna meskipun Anda tidak menggunakannya. Jika Anda hanya membiarkan cartridge warna tersebut dalam kondisi habis, maka tinta yang tersisa di cartridge tersebut malah akan menyumbat head printer kemudian lama kelamaan akan menjadi permanen sampai nantinya cartridge tersebut tidak akan bisa digunakan kembali. Jadi segera mengisi cartridge jika tinta habis memang sangat penting dan jangan membiarkan terlalu lama cartridge dalam kondisi kosong.

 

Jangan Terlalu Sering Menghidupkan Dan Mematikan Printer

Kemudian tips merawat cartridge yang kedua adalah Anda jangan terlalu sering untuk menghidupkan dan juga mematikan printer, Anda perlu untuk mengusahakan agar printer tetap hidup, selain nantinya tidak menyedot banyak daya/ akan lebih hemat listrik, nantinya juga akan dapat membuat cartridge menjadi lebih awet. Pada saat printer tersebut dinyalakan, maka printer nantinya akan mengirimkan sinyal untuk mengganti tinta pada head printer agar nantinya tidak tersumbat. Kemudian jika Anda mematikan printer dan pada lain waktu menghidupkannya kembali, maka nantinya printer akan tetap melakukan penggantian tinta pada head printer. Dan hal tersebut tentu saja merupakan penghamburan tinta. Beberapa cartridge printer dapat menampung 3 sampai dengan 7 ml tinta, sedangkan pada saat dilakukan pembersihan, 2 sampai dengan 3 ml tinta nantinya akan terbuang percuma. Selain itu busa penampung dari tinta juga akan cepat penuh dan juga basah sehingga jika busa tersebut mulai basah kuyup, maka nantinya printer tidak akan dapat mencetak. Dan jika hal tersebut terjadi maka tidak hanya mengeluarkan biaya untuk membeli cartridge saja, melainkan biaya perbaikan dari printer tersebut juga dikeluarkan, oleh karena itu Anda sebaiknya tetap menghidupkan printer dan jangan terlalu sering untuk melakukan printer cleaning.

 

Matikan Printer Melalui Tombol Power Printer

Selain itu jika memang Anda terpaksa harus mematikan printer, maka sebaiknya matikan melalui tombol power yang ada pada printer, jangan mencabut colokan / kabelnya secara langsung. printer nantinya akan melakukan proses shutdown dengan sendirinya. Dan seperti membersihkan tinta yang tersisa pada head printer, kemudian menutupnya agar nantinya tidak akan terjadi penyumbatan. Dengan mematikan printer melalui tombol power yang ada pada printer tentu saja akan lebih aman. Jadi memperhatikan beberapa hal mengenai bagaimana tips merawat cartridgesecara tepat tentu saja sangat penting dan sangat membantu untuk membuat cartridge lebih awet sehingga tidak akan terjadi pemborosan.

GET THE BEST DEALS IN YOUR INBOX

Don't worry we don't spam

We will be happy to hear your thoughts

Leave a Reply

×

Hallo!

Ada yang bisa kami bantu ?

× Ada yang bisa kami bantu ?
Login/Register access is temporary disabled
Compare items
  • Total (0)
Compare
0