Mengenal Catridge atau Toner

Sebagai sebuah perangkat keras (hadrware), keberadaan printer (mesin pencetak) sangatlah penting. Printer dihubungkan dengan komputer sebagai pusat kendali untuk mencetak tulisan maupun gambar menggunakan tinta maupun toner.

Printer memiliki berbagai jenis sesuai kebutuhan penggunaannya. Mulai printer ink jet, dot matrix, laser dan lain sebagainya. Nah, di antara bagian printer yang sangat penting fungsinya adalah catridge. Catridge sendiri juga butuh tinta atau toner sebagai bahan pencetak.

 

Perbedaan Catridge dan Toner

Keduanya, yakni catridge atau toner, sama-sama berguna untuk mencetak tulisan atau gambar dari komputer (perangkat komputer). Bisa dikatakan bahwa catridge adalah bagian perangkat printer yang berfungsi mengatur, menyimpan, dan tempat keluarnya tinta saat mencetak dengan printer.

Catridge ini ditempatkan pada tempat khusus pada printer yang disebut dengan rumahan catridge (carriage unit). Rumahan ini bisa bergerak ketika printer difungsikan. Pada catridge juga terdapat head sebagai tempat keluarnya tinta atau toner.

Di dalam catridge juga terdapat chip yang bisa menghubungkan catridge dengan mainboard printer sehingga printer bisa digunakan untuk mencetak. Catridge ini akan terhubung dengan banyak komponen printer seperti tabung tinta, roll, sensor roll, mainboard, driver, dan lain sebagainya.

Untuk mencetak dengan menggunakan printer, selain catridge dibutuhkan yang namanya tinta atau toner. Tinta dan toner sebenarnya berbeda, namun keduanya juga memiliki persamaan. Tinta adalah zat cari untuk mencetak pada printer. Tinta memiliki warna yang beragam dengan kode RGB atau CMYK.

Sementara toner layaknya tinta yang digunakan untuk mencetak pada printer. Bedanya tinta berbentuk zat cair, sedangkan toner adalah serbuk warna. Toner biasanya digunakan pada printer laser. Toner juga memiliki warna yang beragam.

Sehingga bisa dikatakan bahwa tinta itu berbentuk cair yang disematkan pada catridge untuk printer ink jet. Sementara toner berbentuk serbuk yang ditempatkan pada wadah khusus layaknya catridge untuk printer laser. Keduanya baik catridge atau toner punya fungsi yang tak jauh berbeda.

Jika membandingkan masalah harga maka tinta untuk catridge pada printer ink jet lebih terjangkau ketimbang toner pada printer laser.

 

Cara Kerja Catridge dan Toner

Catridge atau toner di atas memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mencetak tulisan maupun gambar pada kertas atau banner. Keduanya digunakan pada mesin cetak yang berbeda yaitu tinta dalam catridge untuk printer ink jet, sedangkan toner untuk printer laser.

Toner pada printer laser membutuhkan pemanasan sementara tinta dalam catridge untuk printer ink jet tak butuh yang namanya pemanasan untuk mencetak. Baik tinta pada catridge printer ink jet maupun toner pada printer laser sama-sama bisa digunakan untuk kebutuhan komersil.

Tinta pada printer ink jet bekerja dengan menyemprotkan tetesan-tetesan tinta yang disalurkan melalui selang yang terhubung pada catridge sehingga bisa mencetak tulisan atau gambar pada media kertas atau banner.

Toner yang berbentuk bubuk pada printer laser cara kerjanya srupa dengan mesin foto copy. Ketika toner habis digunakan maka harus diganti dengan toner yang baru. Toner yang digunakan pada printer laser mencetak dengan menggunakan teknologi infra merah.

Jika membandingkan jumlah cetakan dan hasilnya, maka printer laser yang memanfaatkan toner jauh lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan menggunakan printer ink jet dengan tinta pada catridgenya. Kualitas cetakan printer laser juga lebih baik.

Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah tingginya biaya untuk printer laser dengan toner dibandingkan printer ink jet dengan tinta. Seperti itulah gambaran catridge atau toner.

GET THE BEST DEALS IN YOUR INBOX

Don't worry we don't spam

We will be happy to hear your thoughts

Leave a Reply

×

Hallo!

Ada yang bisa kami bantu ?

× Ada yang bisa kami bantu ?
Login/Register access is temporary disabled
Compare items
  • Total (0)
Compare
0