Printer merupakan salah satu kebutuhan yang cukup penting karena fungsi dari prnter sendiri adalah untuk mencetak tulisan atau gambar yang dibutuhkan. Di dalam printer sendiri tentu saja terdapat beberapa bagian yang juga memiliki peranan sangat penting, salah satunya adalah cartridge. Cartridge merupakan salah satu bagian dari printer yang mana berfungsi sebagai tempat untuk menampung tinta yang digunakan untuk mecetak tulisan nantinya. Dan ada baiknya jika di dalam memilih cartridge sebaiknya yang berkualitas, dengan demikian tentu saja nantinya akan lebih awet sehingga dapat meminimalisir pengeluaran untuk membeli cartridge baru. Untuk bisa mendapatkan cartridge yang berkualitas dan juga awet tentu saja Anda perlu memperhatikan beberapa hal, dengan demikian hasil dari cetakan akan lebih maksimal. Dan berikut ini adalah beberapa cara memilih cartridge yang berkualitas:

Memastikan Hasil Cetak

Cara memilih cartridge yang pertama adalah pastikan jika hasil cetak, kemudian kehalusan degradasi warna serta kepekatannya baik. Untuk mengetesnya sendiri Anda bisa menggunakan alat ukut densitometer, selain itu sebelum membelinya bisa juga dicoba terlebih dahulu dengan cara yang manual. Untuk bisa membandingkan kepekatan dari suatu cetakan pastikan jika Anda mencetak suatu gambar dengan menggunakan kepekatan 100%. Dari beberapa cetakan nantinya Anda bisa mengamatinya, sedangkan untuk bisa membandingkan kehalusan dari degradasi warna, Anda bisa membuat suatu gamabar dengan parameter degradasi di antara 100% sampai dengan 10%. Dari sana nantinya Anda bisa mengetahui cetakan dari cartridge yang memiliki kualitas baik dan tidak. Selain itu Anda juga perlu untuk memperhatikan apakah hasil dari cetakan tersebut mudah luntur atau tidak.

Mengukur Kemampuan Cartridge

Kemudian untuk cara memilih cartridge yang kedua adalah menggunakan page yield yang mana memiliki kemampuan berapa banyak lembar yang dapat dicetak oleh cartridge tersebut. Pada beberapa tipe printer terbaru terutama untuk printer yang sudah dilengkapi dengan smart chip di cartridge, nantinya Anda bisa mencetak dari total halaman yang mana sudah dicetak menggunakan fasilitas dari printe page yield status, Anda bisa melihatnya dengan menekan tombol go / start printer kemudian tahan selama beberapa detik atau bisa juga dengan mencari fasilitas menu page yield status.

Memastikan Ketahanan Cartridge

Lalu Anda juga bisa memperhatikan ketahanan dari cartridge, untuk memastikannya, Anda bisa melihat jika cartridge tersebut sudah kosong masih bisa digunakan kembali dengan menggunakan recycle atau mungkin diisi ulang. Kemudian stabilitas juga sangat penting, memiliki hasil cetak yang stabil mulai dari pertama digunakan sampai dengan toner tersebut mau habis sangat perlu diperhatikan. Cara memilih cartridgetersebut juga bisa dibilang sangat penting karena untuk membuktikan jika hasil dari cartridge berkualitas.

Tidak Hanya Melihat Dari Segi Harga

Selain itu Anda juga bisa memilih cartridge dengan tidak hanya melihat dari segi harganya saja, meskipun bisa dibilang harga bisa menentukan kualitas dari suatu produk. Meskipun hal tersebut merupakan suatu parameter yang utama, namun Anda juga perlu untuk memperhatikan beberapa hal seperti memilih cartridge yang mana diproduksi oleh manufaktur yang sudah terpercaya dan juga sudah memiliki sertifikat resmi pada bidang kualitas dan juga sertifikat dari STMC. Dengan beberapa hal tersebut tentu saja nantinya Anda akan mendapatkan kualitas cartridge yang baik. Informasi tentang bagaimana cara memilih cartridge yang berkualitas memang bisa dibilang sangat penting karena dengan memperhatikan hal tersebut serta mendapatkan cartridge dengan kualitas yang baik tentu saja nantinya akan lebih menghemat pengeluaran.

176 Views
Open chat
1
Butuh bantuan ?
Halo, ada yang bisa kami bantu ?
%d bloggers like this: